Kampung Rojing, Kampung Arab di Pulau Bawean

Sejarah  
Syekh Zainuddin Bawean, salah satu ulama Bawean

BOYANESIA – Salam toghellen (saudara) ..kali saya akan membagikan ketikan-ketikan tentang lempengan sejarah yang ada di Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur. Karena, mungkin belum banyak orang tahu bahwa di Pulau Bawean ternyata dulu juga memiliki kampung Arab tepatnya di Desa Sukaoneng, Kecamatan Tambak.

Kampung Arab ini ditemukan dalam hasil penelitian sejarawan Islam Bawean, Burhanuddin. Jadi ceritanya, ada seorang kiai yang merupakan keturunan keluarga asal Sulawesi bernama KH Arsyad. Dia adalah putera dari Suryani, yang tinggal di Desa Sukaoneng, tepatnya di sebuah perkampungan bernama Dhejhe Ropet.

Kiai Arsyad ini menikah dengan Nyai Fatimah dan kemudian melahirkan generasi emas di kampung itu. Pada periode Kiai Arsyad ini pula, ada sebuah perkampungan kecil bernama kampung Rojing di Sukaoneng yang terkenal dengan sebutan Kampung Arab.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Tidak banyak yang bisa diketahui tetang penyebutan Kampung Arab yang menempel pada Dusun Rojing tempo dulu. Namun, yang jelas kampung Rojing ini memang merupakan markas masyarakat Sukaoneng yang sering melakukan ibadah haji. Karena itu, masyarakat di sekitar dusun Rojing, khususnya di Dusun Rojing sebelah utara menyebutnya Kampung Arab.

Di kampung Rojing ini, masyarakatnya juga tekenal memiliki penguasaan kitab-kitab kuning dan menguasai Alquran, serta kitab hadits. Istri kiai Arsyad, Nyai Fatimah atau lebih dikenal dengan Nyai Imah juga termasuk perempuan yang telah memulai menghafal hadits di dalam kitab al-Hikam.

Ketika sudah dalam kondisi tidak bisa melihat, Nyai Fatimah juga sempat menghafal Alquran. Karena itu, masyarakat Rojing meyakini bahwa Nyai Imah telah menjadi seorang Hafizah, perempuan yang telah menghafal Alquran 30 juz.

Baca di halaman selanjutnya.

Berita Terkait

Image

Umar Masud Vs Raja Babiliono, Perebutan Kekuasan di Bawean

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jika kamu ingin berbagi artikel atau cerita bisa mengirimkannya ke email boyanesia7@gmail.com

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image