News

Sasar Civitas Akademika, BLAJ Gelar Moderasi Beragama Goes to Campus  

Civitas akademika mengikuti kegiatan “Moderasi Beragama Goes to Campus” di UNISBA, Rabu (27/9/2023).

BOYANESIA.REPUBLIKA.CO.ID – Dalam rangka meningkatkan pemahaman para akademisi tentang moderasi beragama, Balai Litbang Agama Jakarta (BLAJ) Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama bekerjasama dengan Universitas Islam Bandung (UNISBA) menggelar kegiatan “Moderasi Beragama Goes to Campus” di UNISBA, Rabu (27/9/2023).

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman moderasi beragama pada civitas akademika, baik bagi dosen, tenaga kependidikan, maupun mahasiswa khususnya di Universitas Islam Bandung,” ujar Kepala Balai Litbang Agama Jakarta, Samidi di Bandung, Rabu (27/9/2023).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Samidi mengatakan, konsep moderasi beragama yang mengedepankan cara pandang, sikap, dan perilaku secara moderat menjadi bagian penting untuk menumbuhkan sikap toleran, setara, dan kerjasama dalam beragama di masyarakat.

Baca Juga: Kalimat Penutup Khas NU dan Muhammadiyah

“Oleh karena itu, tema yang diusung dalam kegiatan ini yaitu ‘Membangun Persatuan dan Sinergitas Anak Bangsa melalui Moderasi Beragama di Lingkungan Kampus’,” ucap Samidi.

Sementara itu, Sekretaris Badan Litbang dan Diklat Kemenag, Prof Arskal Salim menjelaskan, akademisi dan mahasiswa adalah bagian dari agent of social change yang ke depan menjadi generasi pembawa perubahan bagi Indonesia. Karena itu lah moderasi beragama harus disosialisasikan di lingkungan kampus.

“Berdasarkan roadmap yang dibuat, pemahaman moderasi beragama menyasar kalangan akademisi dan mahasiswa. Hal ini sebagai wujud penguatan moderasi beragama bagi masa depan bangsa,” kata dia.

Baca Juga: Ini Kunci Rumah Tangga Bahagia Menurut Kiai Azaim Ibrahimy

Menurut dia, kampus atau dunia pendidikan adalah salah satu ekosistem penguatan moderasi beragama. Selain itu, menjadi bagian dari kelompok strategis dalam menyebarluaskan program moderasi beragama.

“Hal tersebut sejalan pula dengan langkah-langkah transfromasi kelembagaan Balitbang Diklat menjadi Badan Moderasi Beragama dan Pengembangan SDM,” jelas dia.

Kegiatan Moderasi Beragama Goes to Campus merupakan implementasi salah satu dari tujuh program prioritas Menteri Agama, yaitu: penguatan moderasi beragama, transformasi digital, tahun toleransi beragama, revitalisasi KUA, religiosity index, kemandirian pesantren, dan cyber Islamic university.

Baca Juga: Ijazah Kiai Muslih Al-Maraqi pada Santrinya untuk Hadapi PKI  

Kasubbag TU Balai Litbang Agama Jakarta, Hery Susanto mengatakan, kegiatan penguatan moderasi beragama yang dilaksanakan dalam bentuk sosialisasi ini diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai komitmen kebangsaan, toleransi, anti-radikalisme, dan adaptasi pada budaya lokal yang menjadi indikator pada konsep moderasi beragama di lingkungan kampus.

“Konsep moderasi beragama dapat menjadi modal sosial-akademik bagi civitas akademika dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat untuk mengimplementasikan tri dharma perguruan tinggi,” kata Hery.

Sosialisasi Moderasi Beragama Goes to Campus ini dihadiri 500 orang peserta yang berasal dari civitas akademika Universitas Islam Bandung. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Rektor UNISBA, Prof Edi Setiadi yang juga menjadi keynote speech.

Baca Juga: Di Mana Sumber Energi Keridhaan Allah?

Adapun yang menjadi narasumber dalam acara ini adalah Parihat Kamil dari UNISBA dan Irfan Amali dari Peace Generation. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat, Ajam Mustajam.

Pada kesempatan tersebut, Balitbang Diklat Kementerian Agama juga melakukan penandatangan MoU bersama Universitas Islam Bandung tentang pengangkatan pelaksanaan tri darma perguruan tinggi dalam pembangunan bidang agama dan keagamaan.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Scribo Ergo Sum - Sampaikanlah walau satu berita