Dua Pulau Berpasir Putih yang Wajib Dikunjungi di Bawean

Wisata  

BOYANESIA -- Hai para pelancong dan turis, apakah kamu sedang mencari tempat wisata menarik di akhir pekan? Kalau iya, kamu bisa berkunjung ke Pulau Bawean. Karena, Bawean saat ini tengah menjadi salah satu destinasi wisata paling favorit di Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Setiap jengkal Pulau Bawean memiliki daya tarik wisata tersendiri. Salah satu tempat wisata favorit yang wajib kamu kunjungi di Bawean adalah Pulau Noko Gili dan Pulau Noko Selayar. Kedua pulau berpasir putih ini merupakan pulau kecil yang tak berpenghuni yang berada di sekitar Pulau Bawean.

Di sini, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang memesona. Kamu juga bisa bermain air laut dan mengelilingi pulau dengan berjalan kaki di atas pasir putih yang bersih. Jika ingin menikmati keindahan bawah laut, kamu juga bisa snorkeling di sekitar pantai.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Namun, jangan berharap adanya sarana dan prasana wisata di kedua pulau mungil ini, karena keduanya masih benar-benar alami. Di bagian tengah pulau, hanya terdapat pohon-pohon cemara laut dan juga gazebo kayu yang bisa digunakan untuk berteduh.

Pulau Noko Gili di Pulau Bawean. Foto: Disparbud Gresik
Pulau Noko Gili di Pulau Bawean. Foto: Disparbud Gresik

Pulau Noko Gili

Pulau Noko terletak tak jauh dari Pulau Gili, sebuah pulau yang dihuni sebagian penduduk Bawean. Untuk menuju Pulau Noko, kamu bisa menaiki sampan (klotok) dari Dermaga Apung di Dusun Pamona, Desa Sidogedung Batu.

Saat naik klotok menuju Pulau Noko, kamu dapat melihat secara jelas terumbu karang di bawah laut, ikan-ikan kecil, dan beberapa bintang laut. Setelah 15 menit berada di atas klotok, baru lah kamu bisa menikmati hampasan pasir putih Pulau Noko yang luasnya sekitar satu kilometer persegi.

Saat memasuki Pulau Noko, kamu tidak akan ditarik tiket sepersen pun alias gratis. Kamu bisa langsung mandi di pantai atau berfoto selfie di spot terbaik. Selain itu, kamu juga bisa memancing ikan hingga sore hari. Setelah matahari terbenam, kamu bisa mendirikan tenda untuk menikmati suasana malam dan bintang-bintang dari di tengah laut.

Pulau Noko Selayar di Pulau Bawean. Foto: Disparbud Gresik
Pulau Noko Selayar di Pulau Bawean. Foto: Disparbud Gresik

Pulau Noko Selayar

Pulau Noko Selayar sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Pulau Noko Gili. Keduanya sama-sama tidak berpenguhi dan menyimpan begitu banyak keindahan. Pasirnya yang putih bersih, air lautnya yang biru dan bening seakan selalu menjadi primadona pulau ini.

Di pulau eksotis ini kamu juga akan dimanjakan dengan hiasan alam bawah lautnya yang memesona, bunga karang yang indah, dan ikan-ikan yang berenang bebas di bawah laut. Akses menuju Pulau Noko Selayar ini bisa melalui Desa Daun, tepatnya dari Pantai Beto Elong.

Ketika air laut sedang surut, sebenarnya kamu bisa berjalan kaki menuju Pulau Noko Selayar. Tapi ketika air laut pasang, kamu harus naik klotok seperti saat menuju Pulau Noko Gili. Berbeda dengan Pulau Noko Gili, di Pulau Noko Selayar ini kamu juga bisa menunggu senja tiba, karena sunset di pulau ini sangat sayang untuk dilewatkan.

Berita Terkait

Image

Suku Bawean Berasal dari Mana?

Image

Viral Perempuan Bawean Kesurupan Manjat Genteng

Image

Mbah Moen Keturunan Bawean?

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jika kamu ingin berbagi artikel atau cerita bisa mengirimkannya ke email boyanesia7@gmail.com

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image