Mau Wisata ke Bawean? Ini Daftar Wisata Pantainya yang Keren

Wisata  
Seorang pelancong berfoto di Pantai Noko Gili, Pulau Bawean, Gresik. (Foto: Dok Pribadi)
Seorang pelancong berfoto di Pantai Noko Gili, Pulau Bawean, Gresik. (Foto: Dok Pribadi)

BOYANESIA -- Salam toghellen (saudara)....Jika kamu berencana berkunjung ke Jawa Timur, jangan lupa untuk mempir ke Pulau Bawean. Karena, pulau yang terletak di utara Kabupaten Gresik ini memiliki banyak destinasi pantai yang indah.

Ketika kamu memutuskan untuk liburan ke pulau ini, tidak perlu khawatir kehabisan spot keren. Karena, pulau berjuluk Pulau Putri ini memiliki banyak lokasi wisata yang elok, yang sebagian besar menawarkan pemandangan pantai dan lautan.

Secara administratif, Pulau Bawean masuk dalam wilayah pemerintah Kabupaten Gresik. Pulau ini hanya memiliki dua kecamatan, yaitu Kecamatan Sangkapura dan Kecamatan Tambak. Untuk menuju pulau ini, kamu bisa melalu jalur laut dengan naik kapal dari Pelabuhan Gresik atau melalui jalur udara melalui Bandara Juanda Surabaya menuju Bandara Harun Thohir Bawean.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Berikut beberapa wisata pantai Bawean yang direkomendasikan Boyanesia:

Pantai Pulau Noko Gili

Pantai di Pulau Noko menjadi salah satu tempat favorit wisatawan untuk menikmati suasana pantai. Terletak di seberang Pulau Gili, hamparan pasar putih pulau yang tak berpenghuni ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Jika berwisata ke sini, kamu bisa menikmati lembutnya pasir putih, bermain pasir dengan puas, dan menikmati dunia bawah laut dengan snorkeling.

Lokasi pantai ini berada di Dusun Gili, Desa Sidogedungbatu, Kecamatan Sangkapura. Untuk menuju pantai ini, kamu bisa mencapainya melalui pelabuhan di Desa Pamona.

Pantai Pulau Noko Gili
Pantai Pulau Noko Gili

Pantai Pulau Selayar

Pantai Selayat berlokasi di Dusun Taubat, Kecamatan Sangkapura, Bawean Kabupaten Gresik. Pulau Selayar adalah pulau yang tak berpenghuni. Di tepi laut sekitar pulau ini terdapat pantai yang cukup menarik karena pasirnya yang lembut serta pemandangan alam lainnya seperti sederet pohon mangrove (tanjang) dan pohon kelapa di sepanjang bibir pantai Selayar.

Selain itu, kamu juga dapat menikmati keindahan matahari terbit sambil menikmati segarnya angin pantai dan segarnya air kelapa muda yang ada di dekat pantai.

Pantai Pulau Selayar (Foto: Disparbud Gresik)
Pantai Pulau Selayar (Foto: Disparbud Gresik)

Pantai Pulau Noko Selayar

Pantai ini tidak jauh dari lokasi pantai Pulau Selayar. Hanya saja, untuk menuju pantai ini kamu dapat mencapainya melalui Dusun Gunung Laok, Desa Daun, Kecamatan Sangkapura. Ketika air laut sedang surut, sebenarnya kamu bisa berjalan kaki menuju Pulau Noko Selayar. Namun, ketika air laut pasang, kamu harus naik klotok atau perahu.

Di pantai ini kamu dapat menikmati alam bawah lautnya yang memesona, bunga karang yang indah, dan ikan-ikan yang berenang bebas di bawah laut.

Pantai Pulau Noko Selayar (Foto: Disparbud Gresik)
Pantai Pulau Noko Selayar (Foto: Disparbud Gresik)

Pantai Beto Elong

Pantai Beto Elong menjadi wisata alternative bagi para pelancong yang berwisata ke Pulau Bawean. Dinamai Beto Elong karena di pantai ini terdapat batu berukuran cukup besar yang menyerupai hidung manusia. Lokasi wisata ini berada Dusun Gunung Laok, Desa Daun, Kecamatan Sangkapura.

Di pantai ini, biasanya masyarakat Bawean membakar ikan-ikan segar bersama keluarga atau teman-teman. Melalui pantai ini, kamu juga bisa snorkeling di area Pulau Noko Selayar, yang jaraknya tidak terlalu jauh.

Panorama di Pantai Beto Elong. (Foto: twitter @leo_rahman)
Panorama di Pantai Beto Elong. (Foto: twitter @leo_rahman)

Pantai Kuburan Panjang

Masih seputar wisata laut, kamu juga bisa menyambangi Pantai Kuburan Panjang, yang dalam bahasa Baweannya disebut Jherat Lanjheng. Dinamakan demikian karena di pantai ini kamu dapat menemukan sebuah makam berbentuk memanjang, yang konon dipercaya sebagai makam pengawal Aji Saka.

Lokasi pantai ini berada di Desa Lebak, Kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean, Gresik. Bagi kamu yang suka wisata mistis, pantai ini juga layak masuk dalam daftar kunjunganmu.

Pantai Jherat Lanjheng Bawean. (Foto: Disparbud Gresik)
Pantai Jherat Lanjheng Bawean. (Foto: Disparbud Gresik)

Pantai Mombhul

Pantai Mombhul merupakan salah satu daya tarik wisata buatan baru yang ada di Dusun Pancor, Desa Sidogedungbatu, Kecamatan Sangkapura. Meskipun tergolong pendatang baru, namun pesona wahana wisata buatan ini mampu menarik minat wisatawan. Di pantai ini, kamu dapat menikmati berbagai macam wahana, seperti penangkaran mini rusa Bawean, penyu, water boom kolam air laut dan melakukan snorkeling.

Pantai Mombhul di Pulau Bawean
Pantai Mombhul di Pulau Bawean

Pantai Ria

Ini adalah pantai yang sedikit berbeda dari kebanyakan pantai di Bawean karena dihiasi pasir dam batu karang berwarna hitam. Pantai ini sendiri sering dijadikan tempat berlabuh nelayan setelah mencari ikan. Bahkan, saking banyaknya hasil ikan yang ditangkap, terdapat juga tempat pengolahan ikan dan rumput laut. Lokasi pantai ini berada di Dusun Perapattunggal, Desa Deketagung, Kecamatan Sangkapura.

Pantai Ria di Pulau Bawean. (Foto: Disparbud Gresik)
Pantai Ria di Pulau Bawean. (Foto: Disparbud Gresik)

Pantai Mayangkara

Pantai ini berada di Desa Kepuhteluk, Kecamatan Tambak, Pulau Bawean. Pantai Mayangkara adalah salah satu pantai yang menyuguhkan pemandangan yang indah berupa hamparan pasir pantai berwarna putih berpadu dengan air laut jernih yang berwarna biru kehijauan.

Udara sepoi-sepoi khas pantai juga seketika akan menyambut jika menapakkan kaki di Pantai Mayangkara. Pemandangan sekelilingnya pun tidak kalah bagus karena ada pepohonan rimbun yang bisa melindungi diri dari cuaca panas.

Pantai Mayangkara di Pulau Bawean (Foto: Disparbud Gresik)
Pantai Mayangkara di Pulau Bawean (Foto: Disparbud Gresik)

Pantai Tanjung Gaang

Pantai Tanjung Gaang atau Tanjung Ghe'en merupakan destinasi wisata yang masih alami. Berlokasi di Dusun Somor-Somor, Desa Kumalasa, Kecamatan Sangkapura, pantai ini menjadi tempat yang instagramable bagi kaum millennial. Salah satu ciri khas pantai ini yaitu tebing-tebing karang yang tinggi dan curam yang menghampar luas berbentuk Tanjung di sepanjang pesisir pantai dan di bawahnya terdapat pemandangan air laut yang jernih.

Warna air lautnya sendiri secara kasat mata dominan dengan warna hijau, hal itu karena banyaknya rumput laut yang terdapat di dasar pantai. Bagi kamu yang ingin menikmati rumput laut, bisa langsung memakannya di pantai ini.

Pantai Tanjung Gaang (Foto: Disparbud Gresik)
Pantai Tanjung Gaang (Foto: Disparbud Gresik)

Pantai Labuhan Bawean

Pantai labuhan terletak di Desa Tanjungori, Kecamatan Tambak. Lokasi pantai ini berada di ujung jalan lingkar Bawean, sehingga kamu bisa dengan mudah menjangkau wisata pantai ini. Di sini, kamu dapat menikmati suasana pantai sambil berjemur di atas hamparan pasir putih yang lembut serta menikmati keindahan pemandangan matahari tenggelam.

Sunset di Pantai Labuhan Bawean
Sunset di Pantai Labuhan Bawean

Pantai Beto Cellong

Pantai Beto Cellong termasuk salah satu destinasi wisata yang baru diresmikan di Pajinggahan, Tanjungori, Kecamatan Tambak. Wisata pantai ini sangat menarik, karena alamnya luar biasa, terumbu karangnya indah seperti yang di Bali dan Banyuwangi.

Destinasi yang diresmikan Wakil Bupati Moh Qosim pada 2020 itu dikelola dengan baik dan setara dengan Gili Trawangan yang ada di Lombok. Destinasi wisata pantai ini tidak boleh kamu lewatkan pesona keindahannya. Landscap alam pesisir, perpaduan hamparan batu karang hitam dan pasir putihnya sangat memanjakan mata.

Dua orang wisatawan bercengkrama di Pantai Beto Cellong Bawean. (Foto: Brisik.id)
Dua orang wisatawan bercengkrama di Pantai Beto Cellong Bawean. (Foto: Brisik.id)

Juru Tulis: Muhyiddin Yamin

Berita Terkait

Image

Kekayaan dan Keindahan Bahari Pulau Bawean

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jika kamu ingin berbagi artikel atau cerita bisa mengirimkannya ke email boyanesia7@gmail.com

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image