Pedang Zulfikar, Simbol Pencak Silat Bawean

Budaya  
Ilustrasi foto pedang Zulfikar. (Foto: dreaminterpretation)
Ilustrasi foto pedang Zulfikar. (Foto: dreaminterpretation)

BOYANESIA -- Pencak silat merupakan suatu seni bela diri tradisional yang berasal dari Kepulauan Nusantara. Seni bela diri ini secara luas dikenal di Indonesia. Pencak silat di masing-masing di daerah pun memiliki ciri khasnya masing-masing, termasuk pencak silat di Pulau Bawan, Gresik, Jawa Timur.

Dalam buku “Pesantren Hasan Jufri dari Masa ke Masa”, Ali Asyhar menjelaskan, Pulau Bawean juga memiliki tradisi pencak silat yang dikenal dengan pencak silat totok. Dalam sejarahnya, pencak silat Bawean memiliki karakteristik yang berbeda dengan pencak silat di daerah lain, misalnya Sunda, Maluku, Minangkabau, Manado, Banten, Jawa, Betawi, dan lainnya.

Menurut Ali Asyhar, simbol dari pencak silat Bawean adalah pedang Zulfikar yang digunakan oleh Sayyidina Ali bin Abi Thalib.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Pencak Silat Bawean diyakini berasal dari Nabi Muhammad melalui Ali bin Abi Thalib. Simbolnya adalah pedang Zulfikar yang digunakan Ali dalam banyak peperangan,” kata Ali Asyhar.

Berdasarkan cerita rakyat Bawean, pedang Zulfikar adalah senjata yang hanya boleh digunakan untuk memerangi orang kafir. Artinya, pencak silat Bawean hanya boleh digunakan untuk mengalahkan orang-orang zalim.

Menurut Ali Asyhar, pedang Zulfikar dalam pencak silat Bawean ini tidak boleh digunakan untuk pamer dan berbangga diri. Uniknya, kata dia, pencak silat Bawean juga tidak bisa dikuasai secara utuh oleh orang yang bukan keturunan pendekar Bawean.

“Harus ada izin dari nenek moyang untuk mengajarkan pencak silat Bawean kepada orang lain,” jelas Ali Asyhar.

Juru Tulis: Muhyiddin Yamin

Berita Terkait

Image

Katib Aam PBNU: Yang Ingin Anaknya Pintar Pencak Silat, Masukkan Pagar Nusa

Image

Menjaga Tradisi Pencak Silat, Mengawal Ulama dan NKRI

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jika kamu ingin berbagi artikel atau cerita bisa mengirimkannya ke email boyanesia7@gmail.com

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image