Alfan Wahyudin, Nahkoda Baru Para Pengusaha Gresik

News  
Ketua Aspindo Gresik, Alfan Wahyudin (Foto: M Faiz)
Ketua Aspindo Gresik, Alfan Wahyudin (Foto: M Faiz)

GRESIK -- Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Gresik kini memiliki nahkoda baru, yakni Alfan Wahyudin. Dia baru saja terpilih dalam proses pemilihan ketua di Musyawarah Kabupaten (Muskab) Apindo Gresik yang digelar di Wisma Petrokimia, Rabu (16/2/2022).

Sejak awal digelar, Muskab Apindo berlangsung cukup dramatis. Para peserta Muskab banyak menyoroti laporan pertanggungjawaban periode sebelumnya. Kendati demikian, peserta akhirnya sepakat menerima LPJ dan melanjutkan proses pemilihan suara.

Ada empat kandidat yang kemudian bersaing untuk menduduki Ketua Apindo periode 2022-2026, yaitu Alfan Wahyuddin dari PT Asuka Engineering Indonesia, Brigjend Pol (Purn) FX. Sumarno dari PT JadiMas, Tri Andhi Suprihartono dari PT Nanosh Realti, dan Ichwansjah dari PT Nippotech Sejahtera.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Untuk menghindari kerumunan, proses pemilihan dilakukan secara drive thru. Setelah empat kandidat itu memperebutkan 94 suara, akhirnya Alfan Wahyudin dinyatakan sebagai peraih suara terbanyak.

Sebagai nahkoda baru Apindo Gresik, Alfan mengaku akan langsung tanca gas membenahi organisasi para pengusaha Gresik itu. Langkah awal yang akan dilakukannya adalah menjalin hubungan lebih harmonis dengan tiga pilar yakni pemerintah, pengusaha dan pekerja.

"Apindo ke depan lebih punya marwah dan martabat sebuah organisasi pengusaha yang besar di Gresik,” ujar Alfan.

Apindo, lanjut dia, harus mewakili 1.600 lebih perusahaan di Gresik. Saat ini, baru 10 persen menjadi anggota Apindo Gresik. “Saya terpilih sebagai ketua Apindo maka jumlah anggota harus di tingkatkan. Lebih dari yang ada sekarang,” ucap Alfan.

Kedua, dia juga akan mengedepankan keberpihakan asosiasi terhadap kepentingan perusahaan. Karena, menurut Alfan, saat ini banyak perusahaan yang berada dalam kondisi sulit akibat adanya pandemi Covid-19 atau faktor lainnya.

”Semua anggota akan kita ayomi, kita akan melakukan pendampingan sehingga bisa tumbuh kembali sehingga bisa mengurangi jumlah pengangguran yang ada di Gresik,” kata Alfan.

Berikutnya, Alfan juga akan membenahi masalah transparasi dalam organisasi dan berjanji akan membangun komunikasi yang baik dengan pekerja yang ada di Gresik.

“Kita akan kerjasama dengan pemerintah. Khusus dalam pelatihan, training, serifikasi. Kebetulan Pemkab Gresik saat ini lagi menggagas berdirinya rumah vokasi. Dengan ada vokasi akan tercipta link and macht,” jelas Alfan.

Tidak hanya itu, pihaknya juga akan berkolaborasi dengan Kadin Gresik dalam menghadirkan rumah vokasi yang bakal menjadi media pendidikan dan sarana magang di perusahaan.

Alfan juga akan membuat portal website Apindo, sehingga seluruh anggota bisa mencari apa pun di website tersebut. Website itu juga akan menyediakan informasi lowongan kerja di perusahaan-perusahaan Gresik.

“Sekarang orang mencari kerja di website orang lain. Ini kah parah. Sementara websitenya pengusaha tidak punya," kata Alfan

Sementara itu, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah berharap pengurus Apindo yang baru bisa bekerjasama dengan Pemkab Gresik, khususnya daoqm mengurangi jumlah pengangguran di Gresik.

“Angka pengangguran masih dua digit. Sekitar 12,9 persen,” kata Aminun saat menghadiri acara Muskab Apindo Gresik.

Pewarta: M Faiz

Editor: Muhyiddin Yamin

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jika kamu ingin berbagi artikel atau cerita bisa mengirimkannya ke email boyanesia7@gmail.com

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image