Duyung Ditemukan Terdampar di Pesisir Pantai Bawean

News  
Dugong ditemukan terdampar di bibir Pantai Dusun Rabe, Desa Lebak, Kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean, Selasa (27/12/2022). Foto:Istimewa

BOYANESIA -- Ikan duyung atau dugong ditemukan terdampak di pesisir pantai Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur. Ikan duyung ini ditemukan nelayan Bawean asal Dusun Rabe, Desa Lebak, Kecamatan Sangkapura.

“Dugong ditemukan nelayan yang akan menjaring ikan di sekitar pesisir pantai kemarin, Selasa (27/12/2022) sekira pukul 06.00 WIB, sudah dalam keadaan mati,” ujar Kepala Desa Lebak, Fadal saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (27/12/2022).

Fadal mengatakan, warga memang sering menemukan ikan duyung saat cuaca buruk atau ombak besar seperti sekarang ini. “Beberapa hari terkahir nelayan melihat ada tiga dugong sedang makan lamun. Saat ditemukan, satu dugong mati. Dengan mengalami luka di bagian kepala dan sebagian badan,” ucapnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Seperti diketahui, dalam beberapa hari belakangan ini cuaca sedang tidak bersahabat di Pulau Bawean. Fadal memperkirakan, luka tersebut didapatkan setelah ikan duyung menambrak karang dan benda laut.

Setelah melakukan evakuasi, menurut dia, nelayan beserta warga sekitar langsung mengubur iikan duyung yang memiliki panjang tiga meter tersebut. “Warga langsung mengubur di dekat lokasi penemuan. Karena warga tidak kuat mengangkat dugong yang memiliki berat sekitar 200 kilogram itu,” kata Fadal.

Pada 17 Mei 2021 lalu juga di temukan jenis mamalia dugong yang terdampar di Pulau Bawean. Saat itu, dugong ditemukan terdampar di desa Kepuh Teluk, Kecamatan Tambak, Pulau Bawean.

Bidang penelitian dari perkumpulan Peduli Konservasi Bawean,Yusra menjelaskan, ikan dugong yang mati terdampar sudah dua kali ditemukan di Pulau Bawean. Karena itu, dia mengajak kepada semua pihak untuk terus melindungi dan menjaga keberadaan dugong.

Dia menjelaskan, mamalia laut jenis dugong ini merupakan salah satu biota langka dan dilindungi oleh negara melalui Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan jenis Tumbuhan dan Satwa.

"Peraturan itu juga dipertegas Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 79 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional Konservasi Mamalia Laut," jelas Yusra.

Berikut video ikan duyung yang terdampar di Pulau Bawean:

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jika kamu ingin berbagi artikel atau cerita bisa mengirimkannya ke email [email protected]

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image