Hari Jumat, Lakukanlah Empat Amalan Paling Istimewa Ini

Agama  
Syekh Ali Jaber memberikan tausyiah pada acara Milad Yayasan Nuurun Nisaa di Cihanjuang, Kabupaten Bandung Barat. Foto: Republika

BOYANESIA – Pendakwah dan ulama berkebangsaan Arab Saudi dan Indonesia, almarhum Syekh Ali Jaber dalam sebuah ceramahnya pernah menyampaikan empat amalan yang paling utama dan istimewa untuk dilakukan di Hari Jumat.

“Saya mengingatkan bapak ibu empat amalan. Ini Hari Jumat. Empat Amalan yang menjadi sangat istimewa di hari Jumat,” ujar Syekh Ali Jaber dikutip dari ceramah yang ditayangkan channel Taman surga. Net.

Pertama, bersholawat kepada Nabi Muhammad Saw. Karena, menurut Syekh Ali Jaber, Rasulullah SAW berpesan kepada umat Islam agar memperbanyak sholawat kepada beliau di Hari Jumat’. “Jadi ini Hari Jumat. Jadi, kita boleh tinggalkan seluruh zikir, hanya fokus sholawat tidak salah. Karena, Rasul memang minta kita bersholawat kepada beliau di hari Jumat ini,” jelas Syekh Ali Jaber.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pada Hari Jumat ini, dia pun mengimbau kepada umat Islam agar membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW sepanjang hari, termasuk ketika di dalam perjalanan. “Pakai Sayyiduna atau tidak pakek Sayyiduna boleh. Mau panjang mau pendek boleh, intinya bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW,” kata dia.

Baca juga: Sholawat Khidiriyah Amalan Kaya Dunia Akhirat dari Kiai Asad

Kedua, jangan lupa membaca Surat Al Kahfi sebanyak 110 ayat. Kalau misalnya merasa terlalu panjang bacaannya boleh dibagi. Misalnya, sebelum sholat Jumat membaca dua halaman, setelah sholat Jumat terus membaca sisanya.

“Jangan lupa membaca Surat Al Kahfi. Kalau ada sebagian yang belum bisa baca boleh simak murattal atau lewat HP Surat Al Kahfi. Orang yang menyimak Alquran sama pahalanya dengan yang membaca Alquran,” ucap Syekh Ali Jaber.

Ketiga, berdoa satu jam di hari Jumat. Barang siapa yang berdoa di satu jam itu, menurut Syekh Jaber doanya tidak akan ditolak. Rasulllah SAW bersabda dalam hadits shahih, "Sa'atun akhiru sa'atin min naharil jum'ati, Laa yuwafiquha abdun muslimun illastujibalah."

Artinya: "Ada satu jam dalam hari Jumat itu, barang siapa yang dapat berdoa di satu jam itu, maka akan diijabah doanya."

Syekh Ali Jaber menjelaskan, ulama memiliki pemahaman yang berbeda terkait satu jam itu. Dari kumpulan berbagai riwayat hadits, menurut dia, satu jam yang paling kuat untuk diterima doanya adalah satu jam terakhir pada sore hari.

“Kira-kira kalau kita menghitung Maghrib jam enam, berarti mulai dari jam lima,” ucap Syekh Jaber.

Saat berada di Madinah, Syekh Ali Jaber juga melihat para ulama, para guru, para orang saleh yang ada di Masjid Nabawi langsung menghentikan aktivitasnya saat satu jam sebelum sholat Maghrib. “Begitu satu jam sebelum Maghrib semuanya tinggalin kerjaan, tinggalan ilmunya, tinggalin majelis, karena masing-masing sibuk berdoa,” kata Syekh Ali Jaber.

Keempat, bersedekah Subuh

Syekh Ali Jaber mengambil pelajaran bahwa salah satu cara Allah SWT memurahkan rezeki seseorang dan mendatangkan rezeki dengan cara yang sitimewa adalah dengan menjaga sedekah setiap sholat, apalagi di waktu Subuh.

Karena, menurut Syekh Jaber, selepas subuh ada dua malaikat yang berdoa, berdoa baik dan berdoa buruk. "Satu mendoakan yang baik bagi orang yang berinfaq di subuh hari, dan malaikat kedua mendoakan orang-orang yang kikir di Subuh hari, yang pelit, dan tidak mau bersedekah di Subuh hari, malaikat itu berdoa, 'Ya Allah jangan berkahi hartanya', Naudzubillah," kata Syeikh Ali Jaber.

Berarti, lanjut dia, kalau tidak mampu itu namanya udzur. Tapi, kalau mampu dan tidak membiasakan diri sedekah Subuh, jangan sampai doa malaikat yang buruk tersebut tertuju kepada kita.

"Karena itu, kita malah berharap doa malaikat yang mendoakan, Ya Allah gantikanlah dan lipat gandakan apa yang telah dia infaqkan dan sedekahkan," jelas Syeikh Ali Jaber.

Sumber: Youtube

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jika kamu ingin berbagi artikel atau cerita bisa mengirimkannya ke email boyanesia7@gmail.com

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image