News

Sowan ke Kiai Kholil As'ad, Pengusaha Muslim Bahas Sholawat dan Sepakbola

Pengusaha Muslim, Muhammad Lutfi (sebelah kiri Kiai Kholil) saat melakukan silaturrahim dengan Pengasuh Pondok Pesantren Walisongo Situbondo, KHR Moch Kholil As'ad pada Jumat (6/10/2023)

BOYANESIA.REPUBLIKA.CO.ID -- Pengusaha muslim, Muhammad Lutfi melakukan silaturrahim ke Pondok Pesantren Walisongo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur pada Jumat (6/10/2023). Mantan Menteri Perdagangan (Mendag) ini ingin sowan kepada kiai karismatik NU di Jawa Timur,KHR Moch Kholil As'ad.

Lutfi bersama rombongannya tiba di Ponpes Walisongo sekitar pukul 12.50 WIB. Ia diterima langsung oleh KHR Moch Kholil As'ad. Lutfi mengatakan, kunjungannya kali ini untuk meminta doa kepada Kiai Kholil.

"Mohon ijin doanya kiai," ujar Lutfi saat berbincang dengan Kiai Kholil.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Baca Juga: Mengapa Erick Thohir Ada di Video Klip Satru 2? Ini Penjelasan Denny Cak Nan

Dalam pertemuan itu, keduanya pun membahas berbagai hal, mulai situasi politik nasional, sholawat, hingga sepakbola Indonesia. Lutfi juga menceritakan kepada Kiai Kholil tentang adanya suporter santri yang viral saat menyanyikan lagu sholawat di tribun penonton.

Melihat hal itu, Lutfi pun berencana untuk membuat lomba sholawat untuk menyambut Piala Dunia U-17 yang diselenggarakan di Indonesia. FIFA U-17 World Cup ini akan berlangsung pada periode 10 November sampai 2 Desember 2023.

"Untuk santri-santri kita juga akan siapkan tiket untuk nonton Piala Dunia U-17 kiai," ucap Lutfi kepada Kiai Kholil.

Baca Juga: Asal Penamaan Sholawat Almunjiyat, Arab Latin dan Maknanya

Sementara itu, Kiai Kholil menceritakan tentang olahraga sepakbola di pesantrennya. Menurut dia, setiap hari Sabtu santrinya juga diperbolehkan bermain sepakbola. "Kalau di sini setiap Sabtu santri main bola," kata Kiai Kholil.

Selain itu, Kiai Kholil juga memiliki agenda rutin sholawatan bersama suporter Persebaya. Berdasarkan keterangan santri yang menjadi khadam Kiai Kholil, Azis gurunya tersebut memang telah lama merangkul ribuan bonek untuk bersholawat.

“Beliau ada agenda rutin sholawatn dengan Bonek,” ujar Azis.

Baca Juga: Lirik dan Makna Sholawat Al Hijrotu Versi Mohamed Youssef

Dalam waktu dekat ini, tambah Azis, rencananya Kiai Kholil juga akan melakukan Safafi Maulid ke Jakarta pada 10-16 Oktober 2023 mendatang, mulai dari Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Bogor, hingga Banten.

Pertemuan Kiai Kholil bersama Lutfi ini berlangsung hangat dan penuh tawa. Namun, pertemuan itu harus diakhiri lantaran Kiai Kholil memiliki agenda ceramah di Bondowoso dan Lutfi harus melanjutkan safarinya ke pesantren lain.

Seperti diketahui, silarurrahim Lutfi ke Pesantren Walisongo ini merupakan rangkaian safarinya selama dua hari yakni 5-6 Oktober 2023 di Jawa Timur. Sebelumnya, Lutfi juga telah bersilaturrahim ke Pondok Pesantren Dalwa Bangil Pasuruan dan Pondok Pesantren Nurul Jadid Probolinggo.

Pada Jumat (6/10/2023), Lutfi kemudian melanjutkan safarinya ke Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo dan Pondok Pesantren Walisogo Situbondo. Terakhir, Lutfi juga berkunjung pada Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi.

Saat silaturrahim ke Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo, Lutfi juga berziarah ke makam ulama besar NU KHR As'ad Syamsul Arifin, yang merupakan ayah KHR Moch Kholil As’ad. Di makam itu, Lutfi bersama rombongannya mendoakan Kiai As'ad dan juga para muassis pesantren Sukorejo lainnya.

Baca Juga: Lirik Sholawat Asyghil dan Artinya, Mudah Dilantunkan

Ziarah ke makam pahlawan nasional itu dilakukan setelah melaksanakan sholat Jumat di Masjid Jami' Ibrahimy Sukorejo. Dalam ziarah itu turut serta Komisaris Independen Bank Syariah Indonesia (BSI), M Arief Rosyid.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Scribo Ergo Sum - Sampaikanlah walau satu berita